Jelang PON, Warga Bergotong Royong Bersihkan Stadion GBLA

gotong royong gbla
BANDUNG – Sedikitnya 1.500 orang bergotong royong membersihkan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Kota Bandung, Minggu (4/9) kemarin.

Aksi bersih-bersih itu dilakukan sebagai persiapan menjelang pelaksanaan upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat XIX/2016 di stadion kebanggaan warga Jabar itu, 17 September mendatang.

Berdasarkan pantauan pdkebersihanbdg.go.id, ribuan orang tersebar di sekeliling bagian luar stadion. Kebanyakan dari mereka adalah perwakilan setiap kelurahan, kecamatan, dan para pemuda karang taruna. Dengan penuh semangat, mereka ada yang menyapu, mencabuti rumput, hingga mengecat batas badan jalan di sekeliling stadion.

Tak hanya warga biasa, sepertihalnya kerja bakti-kerja bakti sebelumnya, kerja bakti di Stadion GBLA kemarin pun didukung petugas Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan hingga Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bandung. Berbagai peralatan pun dikerahkan, mulai dari truk pengangkut sampah, kontainer sampah, hingga mobil damkar.

Tak perlu lama, dalam hitungan kurang dari tiga jam, seluruh kawasan ring 1 Stadion GBLA terlihat bersih dan rapih. Rumput-rumput liar yang tumbuh di sela-sela paving block dan taman pun tak terlihat lagi. Bahkan, semprotan air dari petugas damkar membuat lantai stadion mengkilap dalam sekejap.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pun menyempatkan diri memantau kerja bakti tersebut. Bahkan, dia berkeliling stadion seraya menyapa satu per satu kelompok warga yang tengah bekerja bakti.

“Hari ini kegiatannya menyelesaikan hal-hal yang ringan, seperti menyebor jalan dan tanaman, ngecat, dan sasapu. Kalo secara struktur dan secara persiapan sudah. Tinggal menambahkan taman, pot-pot kembang, kemudian area parkir dipercantik,” papar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil di sela-sela kerja bakti.

Menurut Emil, kerja bakti kali ini merupakan kerja bakti yang digelar untuk kedua kalinya. Kemungkinan, kata Emil, kerja bakti akan digelar dua kali lagi hingga menjelang pelaksanaan upacara pembukaan PON.

“Minggu depan area parkir kita sisir dan cat dan H-2 nya kita akan ngepel bareng, biar lebih kinclong lantai-lantainya,” ujarnya.

Emil menyebutkan, kegiatan ini melibatkan sekitar 1.500 orang, mulai warga, petugas kebersihan dari PD Kebersihan, hingga petugas Damkar Kota Bandung.

“Kebetulan, minggu ini, kerja bakti juga diikuti anggota TNI,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdyana Hadimin yang turut serta bekerja bakti dengan ribuan orang lainnya mengapresiasi kegiatan yang digagas Wali Kota Bandung itu. Dengan bekerja bergotong royong, kata Deni, pekerjaan akan lebih cepat tuntas.

Pihaknya pun mendukung penuh kegiatan kerja bakti tersebut. Selain menerjunkan petugas kebersihan, Deni pun menyiapkan pula sarana pendukungnya.

“Kami juga mendatangkan kontainer sampah dan truk-truk pengangkut sampah. Total ada 4 truk pengangkut sampah dan 1 unit mobil penyapu,” sebutnya.