Layanan Pengangkutan Sampah

Sumber foto: PD Kebersihan
Sumber foto: PD Kebersihan

Pengangkutan sampah oleh petugas Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan terbagi atas dua layanan pengangkutan, yakni pengangkutan sampah rumah tinggal dan pengangkutan sapah untuk komersil dan non-komersil.

Pengangkutan sampah rumah tinggal yakni, sampah yang bersumber dari rumah tinggal diangkut ke tempat pembuangan sementara (TPS) secara swakelola oleh RT dan RW setempat.

Dari TPS, sampah diangkut oleh truk sampah PD Kebersihan untuk kemudian dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) di Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat yang dikelola oleh Pemprov Jawa Barat.

Sementara pengakutan sampah untuk komersil dan non-komersil, yakni sampah yang berasal dari mall/kantor/kawasan komersil lainnya seperti pasar, dan hotel langsung diangkut truk sampah PD Kebersihan untuk kemudian dibuang di TPA Sarimukti. Perlakuan serupa juga dilakukan terhadap sampah yang dihasilkan lembaga non-komersil seperti ruah sakit pemerintah dan kawasan pendidikan.

Selain langsung dibuang ke TPA Sarimukti, sampah komersil dan non-komersil juga ada yang dikelola terlebih dahulu oleh konsumen lewat TPS yang disediakan konsumen. Dari TPS yang dikelola konsumen, sampah kemudian dipilih antara sampah organik dan anorganik.

Setelah dipilah, sampah anorganik akan dibawa ke bank sampah. Sementara sampah organik akan diolah menjadi kompos di eks TPA Jelekong, Kabupaten Bandung.